Programmer dan Perkembangannya

 


bahas tuntas yuk...

Pernah merasa jenuh? merasa kayaknya dunia programming bukan passion saya? atau berpikiran sulit nampaknya menggeluti dunia programming ini sekarang, karena banyak hal yang jadi pertimbangan. 

Kamu tidak sendirian, sama kok dengan saya. Awal-awal belajar saya merasa semangat untuk supaya bisa dalam menggeluti bidang ini itu. Bukan karena dunia programming menyenangkan akan tetapi lebih kepada prospek kedepannya.

Ya prospek di dunia pemrograman itu terbuka lebar, akan tetapi sedikit yang memenuhi persyaratan. Persyaratan apa?

Yang saya maksud adalah syarat ketika nanti akan terjun di dunia kerja.

Akan tetapi kemudian sering timbul pikiran untuk meninggalkan dunia pemrograman, namun tiba-tiba saya selalu merasa nampaknya sayang meninggalkan dunia programming.

Itu karena dengan belajar programming kita dapat membuat sebuah karya yang jika berhasil bisa memberikan dampak luar biasa bagi orang sekitar kita.

Disinilah saya mulai termotivasi untuk belajar pemrograman, karena bisa memberikan hal positif bagi orang lain, kalau hal ini itu kita pergunakan untuk sesuatu yang positif.


Cara motivasi diri untuk belajar programming


Berbicara tentang motivasi berikut ini cara yang saya lakukan untuk motivasi diri agar kedepannya lebih baik lagi dalam menekuni dunia koding programming.


1. Timbulkan rasa niat yang tinggi

Ditahap awal saya mencoba untuk nekat langsung terjun aja belajar, dengan niat dan tekat tersebut saya coba dengan segera mempelajari koding bahasa pemrograman.


2. Miliki pemikiran saya pasti bisa

Sudah pasti harus miliki pemikiran ini bahwa kita pasti bisa dengan begitu pola pikir kita yang demikian akan memotivasi kita untuk semangat belajar.


3. Jangan bandingkan diri kita dengan orang lain

Nah ini yang sering terjadi dengan diri saya, mungkin teman-teman juga mengalami. Percayalah orang yang sudah expert sekalipun kadang mengalami hal ini.

Tapi tahu tidak saat kita membandingkan diri kita dengan orang lain, maka disitulah kita akan merasa kurang puas dengan apa yang kita kerjakan. Dalam artian kita meragukan kemampuan kita. Soalnya kita telah menilai diri kita sendiri bahwa masih banyak kekurangan dibanding orang lain.

oleh karena itu jangan terlalu membandingkan diri kita dengan orang lain ya 😄.

4. Kerjakan sekarang hasilnya nanti saja

Sering menunda-nunda pekerjaan projek? lebih baik langsung dikerjakan saja sekarang dengan begitu projek yang kita buat akan cepat selesai. 

Begitu juga dengan belajar, jangan tunda-tunda lagi mulailah dari sekarang juga agar tak ketinggalan dengan yang lainnya.

Di blog staykoding ini juga saya sudah membagikan tulisan-tulisan saya untuk kamu baca mengenai pemrograman. Jadi silahkan kepo-kepo dengan blog staykoding ya.


5. Pikirkan apa tujuan saya belajar programming

Nah dengan memiliki tujuan yang pasti tentunya kita akan termotivasi untuk tetap memulai sesuatu dengan baik. Karena kita sudah memilki tujuan yang ingin dicapai.

Ingat didalam tujuan tersebut kita juga punya power atau kekuatan untuk terus upgrade diri agar hak yang ingin dicapai dapat terwujud.


6. Miliki sikap saya bisa lewati banyak rintangan

Nah kalau kita yakin dengan hal seperti ini maka rintangan yang tadinya besar pasti bisa dilewati.

Bukan tak mungkin banyak lo hal yang harus dilalui ketika belajar pemrograman. Tak hanya soal koding tapi juga mengenai pengetahuan lainnya yang belum tentu semuanya kita ketahui.


7. Orang lain jago koding? kenapa tidak dengan kita?

Pernah ketemu orang yang lebih jago dari kita? Saya sering bertemu orang yang sudah expert dengan ilmu pengetahuannya sudah banyak tentang programming. 

Tapi jangan salah yakin, dan percaya kita juga bisa seperti mereka asal perkuat belajar dan nikmati prosesnya.


8. Kalau bukan sekarang!! kapan lagi?

Buat orang yang ingin mencoba belajar terus tertunda atau tidak bisa serta barang kali ada hal lain yang sedang digeluti. 

Tapi dalam hati punya keinginan untuk melakukan lebih baik mulai sekarang jangan tunda-tunda lagi. Belajar programming itu gak rugi.

Yang rugi itu kita yang tunda-tunda waktu. Dan inilah yang jadi motivasi saya untuk tak menyia-nyiakan waktu untuk belajar.


9. Belajarnya sulit? Jangan menyerah!

Hal ini merupakan makanan sehari-hari untuk kita yang berkeinginan menjadi seorang programmer. Bagaimana tidak, ketika kita sedang belajar ada banyak masalah yang jadi hambatan kita.

Dari masalah yang timbul tersebut diantaranya susah memahami pengkodean atau susah menemukan logika yang pas untuk masalah programming kita.

Tapi percayalah ada solusi untuk hal tersebut, kamu bisa bertanya melalui forum, sosial media atau grup diskusi programming lainnya.


10. Jangan pernah puas dengan hasil akhir

Hasil akhir belum tentu menjadi suatu hal yang terbaik. Di dunia programming misalnya kita mungkin telah menyelesaikan projek yang dibuat.

Tapi coba di cek kembali apakah projek tersebut sudah berjalan dengan baik? Kemudian saat belajar hasil akhir seperti apa yang kita inginkan dari projek tersebut.

Agar kita juga bisa mendapat value dari sesuatu yang dikerjakan dan hal tersebut tak sia-sia kita pelajari dan kembangkan.

Cuma ingat lah satu hal ! Tak ada yang sia-sia kita pelajari khususnya pemrograman saat kita sungguh-sungguh ingin belajar.


Kesimpulan 

Jadi miliki motivasi yang tinggi agar ketika kita menginginkan sesuatu. Kita dapat fokus dan melakukan semua tersebut seperti pekerjaan, dilakukan dengan senang hati serta rasa ikhlas.

baiklah cukup sekian dan ingat selalu tetap keep koding and more and more learning. Belajar dengan tanpa henti akan meningkatkan level dan skil yang kita miliki.

Terimakasih buat kamu yang membaca artikel ini 😊. Semangat belajar pemrograman💪

0 Response to "Programmer dan Perkembangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel