PERBEDAAN MENDASAR BISNIS ONLINE DAN OFFLINE

Hai sobat Miskom

Masihkah anda tetap ingin menjadi seorang pengusaha meski saat ini masih bingung atau bahkan ada yang sudah mengalami kegagalan? Semoga saja kalian masih tetap semangat dalam melakukan sebuah usaha. Dan mari kita semua saling mendoakan dan saling memberikan semangat agar kita semua menjadi seorang pengusaha yang sukses dan barokah amiin.

Oke pada artikel kali ini, mimin akan memberikan pengetahuan yang lumayan umum untuk di bahas. Apalagi untuk seorang calon-calon pengusaha, wajib untuk tahu tentang artikel yang akan mimin sampaikan. Yaitu mengenai perbedaan yang mendasar mengenai bisnis atau usaha online dan bisnis offline.


Pastinya pada saat ini udah tak mengherankan lagi ya, tentang salah satu jenis usaha yang paling di minati yaitu usaha online. tapi tak jarang juga masih baaannnyyyyaakk sekali para pelaku usaha offline yang masih tetap bertahan meski ombak modernisasi sedang menimpanya. Hal ini ada beberapa factor, mungkin karena masih gaptek akan teknologi atau mungkin mereka sudah mempunyai langganan khusus jadi udah gak perlu lagi mengandalkan media maya.


Sebelum kita mendalami nya mari kit abaca dulu tentang pengertian bisnis online dan offline.


BISNIS ONLINE adalah segala jenis kegiatan bisnis yang di lakukan secara online atau melalui jaringan internet. Alat yang di gunakan bisa hp atau laptop yang pasti harus menyambung di internet. Untuk pemasarnya juga lewat internet melalui sosmed (fb,ig,twitter), marketplace(shopee,toped,lazada).


BISNIS OFFLINE adalah kegiatan bisnis atau usaha yang di lakukan tanpa bantuan internet. Umumnya kegiatan ini mulai dari produksi hingga sampai pendistribusian. Kegiatan bisnis semacam ini di bilang cara bisnis model lama. Karena para pembeli harus datang ke gerai atau toko sendiri.

Langsung saja mari kita simak beberapa perbedaan mendasar tentang bisnis online dan bisnis offline.


 BISNIS ONLINE


- Menggunakan jaringan internet


- Pemasaran mudah dan memiliki pasar konsumen yang jangkauanya luas


- Tidak perlu buka toko fisik, bisa buat toko online sendiri


- Tak perlu mengantarkan barang, cukup menggunakan jasa kurir


- Bisa mendapatkan pesanan dalam 24 jam tanpa menunggui toko


- Modal yang sangat minim, karena tidak ada toko fisik


- Waktu yang sangat efektif yang masih terdapat banyak waktu yang longgar


- Bisa meminta ulasan dengan mudah untuk memahami keinginan mereka


BISNIS OFFLINE


- Menggunakan cara dan metode yang lama


- Pasar konsumen terbatas, tergantung beberapa orang yang datang ke toko atau gerai


- Tidak bisa beoperasi 24 jam, karena membutuhkan bebearapa karyawan untuk menunggu di toko yang kerja shift


- Modal yang cukup banyak karena membutuhkan toko fisik


- Pemasaran yang terbilang sulit karena harus menyiapkan brosur, banner fisik. Terlebih lagi membutuhkan tenaga untuk menyebarkan brosur tersebut.


- Sulit untuk memahami keinginan konsumen,karena tidak bisa meminta ulasan dengan mudah.


- Waktu tidak efektif dan bisa saja menghabiskan waktu karena harus menunggu pembeli yang datang ke toko

Itu dia beberapa perbedaan dari bisnis online dan offline yang bisa kalian pahami. Untuk kalian yang masih bimbang ingin usaha jenis online atau offline alangkah baiknya jika baca artikel ini terlebih dahulu. Yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk jenis usahamu kedepanya.

Tentu terlepas dari baik atau tidak nya sebuah bisnis online atau offline, yang paling penting yaitu tetap sabar dan tekun dalam menjalani sebuah bisnis atau usaha.

0 Response to "PERBEDAAN MENDASAR BISNIS ONLINE DAN OFFLINE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel